Latar Belakang Pembentukan BALAI PSDA Seluna

Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Serang Lusi Juana.


Satuan Wilayah Sungai Jratunseluna terdiri dari 2 Daerah Aliran Sungai (DAS) utama yaitu DAS Jratun (S.Jragung dan Tuntang) dan DAS Seluna (S.Serang, Lusi, dan Juana). Pada DAS Seluna terdapat 3 lokasi mataair utama, yang terbesar berasal dari pegunungan di Boyolali mengaliri Sungai Serang, dan selanjutnya berasal dari pegunungan kapur di Blora dan Grobogan mengaliri Sungai Lusi, serta yang ketiga berasal dari pegunungan Muria di Kudus, Pati, dan Jepara mengaliri Sungai Juana dan drainase Serang Welahan Drain 2 (SWD.2). Sedangkan akhir sungai-sungai pada DAS Seluna bermuara di 4 lokasi yang seluruhnya di Pantai Utara Jawa, tiga berada di pantai Kabupaten Demak yaitu SWD.2, SWD.1 (Sungai Serang Lama), Sungai Wulan (Sungai Serang Hilir) dan muara yang lainnya berada di pantai Kabupaten Pati (Sungai Juana).

Sampai dengan saat ini DAS Seluna masih mengalami beberapa kejadian banjir setiap musim hujan, sehingga ancaman bencana banjir setiap tahun selalu menghantui masyarakat terutama di sekitar S.Juana yang dikenal dengan Lembah Juana di Kabupaten Kudus dan Pati.

Pada Sungai Serang telah dibangun Bendung Kedungombo di Kabupaten Grobogan yang mampu memampung air sebanyak 723 juta meter kubik dengan fungsi utama untuk mengairi sawah seluas 60an ribu hektar tersebar di Kabupaten Grobogan, Demak, Kudus, dan Pati. Dengan demikian pengguna air irigasi dalam satu jaringan melibatkan beberapa daerah, hal ini dapat memicu konflik antar daerah.

Untuk meminimalisir kerugian akibat bencana banjir dan konflik sosial diperlukan adanya upaya antisipasi dan manajemen pengelolaan sungai/irigasi dengan prinsip satu sungai/jaringan irigasi satu manajemen oleh satu lembaga atau institusi yang berkemampuan teknis di bidang tersebut.

Melalui Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 04 Tahun 1998 mulai dibentuk Balai PSDA dengan tujuan untuk mewujudkan manajemen sebagaimana yang diharapkan di atas.

Salah satu dari enam Balai PSDA di Jawa Tengah adalah Balai PSDA Seluna yang berkedudukan kantor di Kudus

"Air itu Hidupku, Sungai itu Nadiku, Maritim Adalah Budayaku"
- BPSDA Seluna
Close